5 Ideas Sukses Jalani Bisnis Bersama Teman

Hasil yang didapatkan bisa berupa bayaran dari perusahaan pemilik produk. Bisa juga Anda diberi produknya secara cuma-cuma dengan mempromosikan pengalaman anda menggunakan produk tersebut. Bisnis on-line hampir tidak memiliki kecacatan atau resiko yang besar dalam mejalankan prosesnya.

Berbisnis dengan parter

Dilansir dari laman WSJ Guides, perjanjian ini bisa berisi perencanaan jika ada pihak yang ingin berhenti. Bagaimana pembagian keuntungan, siapa yang akan meneruskan, bagaimana jika tidak ada yang ingin meneruskan, dll. Sehingga tidak ada masalah utang piutang yang tidak jelas ketika bubar. Hanya saja rekan bisnis yang tidak memiliki keadaan finansial yang stabil akan cenderung egois dalam hal bisnis. Hal ini akan berdampak kurang bagus untuk bisnis yang sudah dirintis.

Komunikasi menjadi hal penting dan menentukan kesuksesan sebuah hubungan bisnis. Bukan hanya dibutuhkan ketika sedang mengalami masalah, komunikasi harus dijalin secara rutin. Anda juga bisa melakukan pertemuan satu bulan sekali hanya untuk diskusi santai, hal ini tentu dapat membuat hubungan partnership Anda menjadi lebih baik dan lebih mengenal companion bisnis Anda. Ketika Anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan tanggung jawab, Anda dapat menghubungi partner Anda untuk mencari jalan keluar bersama. Disiplin tinggi dan kerja keras merupakan tanda bahwa partnermu memiliki etos kerja yang baik. Selain itu, kejujuran dan sifat terbuka menjadi poin wajib yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja.

Membuat perjanjian atau kerjasama hitam diatas putih dan bermaterai dengan partner bisnis memang sangat diperlukan. Hal ini diperlukan untuk mencegah dan menghindari terjadinya penipuan atau pelanggaran dikemudian hari. Sehingga tempatkan kejujuran diatas segalanya, seperti companion bisnis, karyawan dan teman dan lain sebagainya. Dalam dunia bisnis, kompetitor menjadi salah satu faktor yang sering ditakuti oleh pebisnis.

Kamu dan temanmu setidaknya harus sudah menentukan akan menduduki posisi jabatan yang mana. Alangkah baiknya jika jabatan yang kalian miliki disesuaikan dengan kapasitas masing-masing sehingga kinerja kalian bisa optimum. Sebaliknya, jika kita memiliki keterbatasan dalam berbisnis, maka carilah partner yang terbaik. Memang benar kata orang mencari teman untuk dijadikan enterprise companion itu seperti menemukan jodoh. Tak terasa empat tahun sudah mereka bersama-sama mengembangkan bisnis di bidang kreatif.

Padahal, percayalah bahwa membangun sebuah bisnis tidak semudah seperti yang dibayangkan. Akan banyak sekali rintangan serta hambatan yang mengiringi bisnis Anda. Pilih rekan bisnis yang bisa diajak berkomitmen dan mampu menjadikan bisnis sebagai prioritas utama.

Agar bisa mencari mitra atau partner bisnis yang baik, berikut ini 5 tips yang bisa Anda coba lakukan. Kedua adalah mempertimbangkan potensi masing-masing untuk menjalankan usaha. Ini penting agar kedudukan hak dan kewajiban dalam bisnis yang dijalani bareng teman bisa sesuaiberdasarkan porsinya. Meski bisnis bareng teman, semua harus dilakukan secara profesional, ngga ada kata “ngga enak” atau lainnya yang sifatnya subyektif.